Loading...

Cara Menerapkan Teknik SEO (Searh Engine Optimization)

Search Engine Optimization (SEO)

Pengertian SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO (Searh Engine Optimization) adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Menerapkan Teknik SEO (Searh Engine Optimization)

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan internet sebagai media bisnis, kebutuhan SEO (Searh Engine Optimization) juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaanperusahaan yang memiliki basis usaha di internet. (Google, 2010)

Artikel terkait: SEO Adalah Singkatan Dari Search Engine Optimization

Pemilihan Domain

Langkah awal dalam internet marketing yang cukup penting adalah pemilihan domain. Karena pemilihan domain yang tepat terhadap barang dan jasa yang akan dipasarkan, sangat berpengaruh terhadap pencarian di internet. Mengapa sangat penting? Pertama, penting untuk memprediksi jumlah kata atau keyword yang akan di ketik atau di-click oleh user dari nama domain yang tepat. Kedua, pemilihan domain yang tepat akan membuat pengguna lebih terbiasa terhadap hubungannya dengan produk/jasa yang akan diketik dan di-click. Pada prinsipnya, setiap nama domain yang paling mendekati dengan keyword pencarian maka nama tersebut yang akan ditampilkan oleh Search Engine di posisi atas.

Meta Tag

Meta tag merupakan deskripsi dari website yang terdiri dari beberapa keyword utama. Deskripsi Meta tag penting karena Google akan menggunakannya sebagai deskripsi dari halaman web. Menambahkan deskripsi meta tag untuk setiap halaman web merupakan praktik yang baik ketika Google tidak dapat membuat deskripsi yang baik tentang web (Google, 2010). Meta tag yang digunakan adalah “Toko Coklat,. Kami menjual aneka coklat, coklat import, minuman coklat termasuk coklat kesehatan /terapi.”

SEO On Page

SEOon Page adalah optimasi secara maksimal yang dilakukan pada web itu sendiri.SEOon Page inilah inti dari SEO (Searh Engine Optimization) secara keseluruhan. Beberapa SEOon Page antara lain adalah Pemilihan Template SEO Friendly, Fix Permalink In Posts, Penggunaan Keyword Pada Postingan Halaman Produk atau Artikel, Peletakan Keyword yang Tepat dan Gunakan Gambar Unik.

Pemilihan Template SEO Friendly

Banyak template untuk website yang ada baik yang free ataupun berbayar. Template berbayar digunakan karena fitur yang ada sudah sangat lengkap untuk situs toko online. WPTOKO versi 3.1. digunakan, ini adalah template berbasis wordpress karena wordpress adalah template blog kepunyaan google. Selain template juga digunakan meta tag yang sesuai. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, akan ditempatkan Meta tag sebagai meta description agar google tidak mengalami kesulitan untuk membuat deskripsi yang baik untuk web.

Fix Permalink di Posts

Gunakan permalink yang sesuai dengan produk yang dibahas pada suatu halaman web. Jadi permalink yang sudah dibuat otomatis oleh wordpress, diganti menggunakan kata-kata. Usahakan permalink cukup unik tidak sama dengan produk sejenis yang dijual di toko online lainnya karena google lebih menyukai permalink yang unik. Penggunaan Keyword pada Postingan Halaman Produk atau Artikel Untuk setiap halaman web yang berisi artikel maupun postingan produk harus diberi keyword yang tepat. Pemilihan keyword yang tepat akan diimplementasikan pada posting-an di halaman web. Jadi setiap posting-an halaman web harus berisi satu atau lebih keyword hasil dari Google Keyword Planner.

Peletakan Keyword yang Tepat

Ada beberapa panduan dalam peletakan keyword sesuai kaidah SEO pada posting-an, baik itu di produk maupun artikel, antara lain (Vaughan, 2008): (1) Judul postingan produk atau artikel harus menggunakan keyword. (2) Link artikel harus berisi keyword. Contoh pada permalink. (3) Meta tag/Meta Description harus berisi keyword. (4) Judul artikel harus menggunakan keyword. (5) Paragraf pertama dari artikel harus berisi keyword. (6) Menggunakan gambar unik yang telah di alt tag dengan keyword.

Baca juga: Bagaimana Melakukan SEO Untuk Website Anda

Gunakan Gambar Unik

Dalam kaidah SEO (Searh Engine Optimization), untuk mendapat nilai yang baik di mata mesin pencari, harus menggunakan gambar-gambar yang unik, jadi gambar yang dimasukkan belum ada di website lain. Usahakan gambar-gambar tersebut adalah kreasi dari perancang/pemilik web kecuali memang jika tidak dapat membuat gambar sendiri. Sebenarnya, ada layanan dari internet yang menyediakan gambar-gambar walaupun untuk keanggotaannya harus berbayar. Hampir semua gambar produk yang dipajang menggunakan gambar yang dibuat sendiri, kecuali untuk artikel dan beberapa produk saja. 

Percepat Waktu Loading Halaman

Web Template yang digunakan wptoko versi 3.1 adalah template yang kemampuan loading-nya cukup cepat. Web di-hosting di hostgator, salah satu hosting yang cukup cepat. Gambar-gambar yang digunakan juga gambar-gambar yang berukuran tidak besar karena untuk menghindari waktu loading yang lama. Banyaknya Indeks yang Dihasilkan Untuk melihat indeks yang ada pada suatu web tinggal ketik saja perintah “ site:xyz.com” pada address URL. Dengan memasukkan perintah “site:pondokcoklat.com”, maka diperoleh indeks sebanyak 212 indeks. Semakin banyak banyak indeks, maka semakin baik.Artinya jika produk terus ditambahkan untuk dijual maka indeks yang dihasilkan juga semakin banyak.

DAFTAR PUSTAKA

Berners-Lee, T., Cailliau, R., Groff, J.-F., Pollermann, B. (1992). World-Wide Web: The Information Universe. Electronic Networking: 52-58. Blythe, J. (2005). Essentials of Marketing. England: Pearson Education Limited. Google. (2010). Search Engine Optimization Starter Guide. Diakses pada November 2013, dari Google Inc.: www.google.com Ieong, S., Mishra, N., Sadikov, E., Li, Z. (2012). Domain Bias in Web Search. Proceedings of the Fifth International Conference on Web Search and Web Data Mining. 413-422. Seattle: ACM. International Telecommunication Report. (2010). Monitoring The WSIS Targets. Geneva: World Telecommunication/ICT Development Report. Jones, A., Malczyk, A., Beneke, J. (2011). InternetMarketing;A highly practical guide to every aspect of internetmarketing. GetSmarter. MarkPlus. (2012). Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII. Mirzaei, H., Jaryani, E., Aghaei, M., Salehi, M., Saeidinia, M. (2012). Differences of “Traditional Marketing” in opposition to “Electronic. 2012 International Conference on Economics, Business and Marketing Management. Singapore: IACSIT Press. Purcell, K., Brenner, J., Rainie, L. (2012). Search Engine Use 2012. A Project of the Pew Research Center. Washington, D.C.: Pew Research Center’s Internet& American Life Project. Sedo. (2011). Domain Names Opportunities and Applications for Marketing Online. Diakses pada November 2013, dari Sedo: www.sedo.com Vaughan, P. (2008). The Essential Step-By-Step Guide To Internet Marketing. Hubspot.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menerapkan Teknik SEO (Searh Engine Optimization)"

Post a Comment